CERPEN DAN NOVEL

Pengertian Cerpen
           Cerita pendek atau yang biasa disebut dengan cerpen adalah sebuah karya sastra yang berbentuk prosa dan memiliki sifat fiktif, di mana dalam karya tersebut terdapat isi yang menceritakan atau menggambarkan suatu kisah yang dialami oleh seorang tokoh secara ringkas.
           Perlu diketahui bahwa cerpen mempunyai kesan tunggal yang fokus terhadap satu tokoh.

Pengertian Novel
           Novel adalah sebuah karya sastra yang berbentuk prosa naratif yang alurnya panjang dan cenderung komplek. Perlu diketahui bahwa dalam novel terdapat cerita atau gambaran tentang kehidupan seorang tokoh dan orang-orang disekitarnya.
           Selain itu, dalam novel biasanya menonjolkan watak atau sifat dari tokoh yang ada dalam cerita tersebut. Dalam novel juga terdapat sebuah pesan tersembunyi yang nantinya akan disampaikan kepada pembaca.

1. Perbedaan Penokohan
           Cerpen memiliki alur yang singkat dan sederhana, maka dari itu jumlah tokoh dalam cerpen hanya beberapa saja. Sedangkan novel memiliki alur yang panjang dan rumit, jadi tokoh yang muncul jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan jumlah tokoh dalam cerpen.
Selain itu, watak yang dimiliki setiap tokoh dalam novel sangat beragam. Hal tersebut sangat berbeda dengan cerpen, dalam cerpen hanya watak si tokoh utamalah yang ditonjolkan.

2. Perbedaan Alur
           Alur cerita yang ada pada sebuah cerpen sangatlah sederhana dengan gerak yang sempit dan sangat terbatas. Urutan jalan cerita atau alur cerita dalam cerpen yaitu perkenalan, konflik, klimaks kemudian penyelesaian. Sedangkan alur cerita dalam sebuah novel cenderung rumit, panjang dan dinamis dengan ruang yang tidak terbatas. Hal tersebut yang membuat novel memiliki jumlah kata yang sangat banyak dibandingkan dengan cerpen yang hanya memiliki jumlah kata kurang dari 10.000 kata.

3. Perbedaan Latar
           Latar cerita yang terdapat pada cerpen sangatlah sempit dan terbatas. Pada umunya jumlah latar dalam sebuah cerpen tidak lebih dari 10. Sedangkan dalam sebuah novel terdapat latar dengan jumlah yang banyak dengan jangkauan geografis yang sangat luas. Perbedaan cerpen dan novel yang satu ini meliputi latar tempat, waktu dan suasana.

4. Perbedaan Perwatakan
           Dalam sebuah cerita pendek atau cerpen biasanya setiap watak akan diungkap secara jelas, singkat dan langsung terarah pada yang dituju. Sedangkan dalam novel, setiap watak yang dimiliki oleh para tokoh nantinya akan diungkap secara perlahan dan sedikit demi sedikit pada setiap cerita.

5. Perbedaan Tema
           Salah satu perbedaan cerpen dan novel adalah tema cerita. Dalam sebuah cerpen, tema yang diangkat adalah masalah-masalah yang cenderung sederhana sehingga alur dari cerita tersebut mudah ditebak oleh si pembaca. Berbeda dengan novel yang isinya lebih kompleks sehingga alurnya lebih rumit. Selain itu dalam novel juga terdapat lebih dari satu impresi, emosi dan efek.

6. Perbedaan Konflik
           Dalam novel dan cerpen terdapat sebuah konflik dan masalah, namun konflik yang ada dalam novel berbeda dengan konflik yang ada dalam cerpen. Perlu diketahui bahwa dalam cerpen biasanya hanya mengeluarkan satu konflik dengan satu titik klimaks. Sedangkan novel dapat mengeluarkan lebih dari satu konflik dengan beberapa titik klimaks.

7. Perbedaan Dalam Penggunaan Kata-Kata
           Penggunaan kata-kata dalam cerita pendek atau cerpen sangat berbeda sekali dengan penggunaan kata-kata yang ada dalam novel. Perbedaan cerpen dan novel yang satu ini dapat dilihat dari cerita atau gambaran dalam cerpen yang mudah untuk dipahami oleh si pembaca. Sedangkan penggunaan kata-kata dalam novel sulit untuk dipahami jika dibaca sekilas. Jadi saat membaca novel harus konsentrasi agar paham dengan alur ceritanya. 

8. Perbedaan Jumlah Kata
           Jumlah kata dalam cerpen kurang dari 10.000 kata sedangkan novel biasanya memiliki jumlah kata lebih dari 35.000 kata. Jadi cerpen dapat dibuat pada satu halaman saja, sedangkan novel bisa mencapai lebih dari 100 halaman. Dengan itu maka pembaca memerlukan waktu sekitar 120 menit untuk dapat membaca novel sampai habis.

Nama : Annisatul Latifah
Jabatan : Divisi Sosial Media 1
Editing : Uzma Afifatun Nisa' – Koord Ksj Jatim

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu Komunitas Sang Juara, Apa itu Juara Jawa Timur & Apa itu Komunitas Sang Juara Jawa Timur?

Cara Mempertajam Karakter Tokoh

The Younger Generation of Millenial Should be Productive: Generasi Muda Millenial Harus Produktif